Pages

Ads 468x60px

Kamis, 28 November 2013

SEKILAS TENTANG ORGANISASI

Keterbatasan manusia akan melakukan hal hal secara individu adalah salah satu faktor mengapa pembuatan organisasi menjadi sangatlah penting. Pada hakikatnya manusia telah di berikan kelebihan dan kekurangan semenarik mungkin, berbeda beda namun saling melengkapi. itu adalah inti dari sebuah organisasi, saling melengkapi kekurangan dengan kelebihan masing masing .

Oke pada kesempatan kali ini penulis mendapatkan beberapa pertanyaan dari seorang dosen dari mata kuliah softskill seputar tentang tekhnik berorganisasi, kali ini penulis mencoba menjawab beberapa pertanyaan tersebut. jika di lihat sekilas, mungkin akan berguna kelak.

1. APA PERBEDAAN PENGARUH, KEKUASAAN & WEWENANG ?

Tentu saja hal pertama yang harus kita ketahui adalah pengertian dari pengaruh, kekuasaan serta wewenang. 
Pengaruh adalah kegiatan atau keteladanan yang baik secara langsung mengakibatkan suatu perubahan perilaku dan sikap oranglain atau kelempok.
Kekuasaan adalah kewenangan yang di dapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang di berikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang di peroleh atau kemampuan seseorang atau kelompok untuk mengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari perilaku atau kekuasaan merupakan kemampuan mengaruhi pihak lain untuk berfikir dan berperilaku sesuai dengan kehendak yang memengaruhi.
Wewenang merupakan dasar untuk bertindak , berbuat , dan melakukan kegiatan/aktivitas dalam suatu perusahaan. tanpa wewenang orang orang di dalam sebuah perusahaan/organisasi tidak dapat berbuat apa-apa.

dari ketiga pengertian di atas dapat di simpulkan ketiganya saling berketerkaitan antara satu dengan yang lainnya, namun berbeda aspek antara pengaruh kekuasaan dan wewenang. kekuasaan merupakan antitesa wewenang (Nizbet) dan setiap kekuasaan memiliki wewenang tersendiri untuk memberikan pengaruh terhadap pihak/kelompok lain.
2. APA SAJA TEKHNIK TEKHNIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN ?
Pertama kita harus mengetahui betul apa itu pengambilan keputusan, pengambilan keputusan adalah sebuah proses menentukan sebuah pilihan dari berbagai alternatif pilihan yang tersedia. dan pengambilan keputusan pun memiliki 3 tekhnik :
1. TEKHNIK KREATIF 
  • Brainstorming
Berusaha untuk menggali dan mendapatkan kreatifitas maksimum dari kelompok dengan memberikan kesempatan para anggota untuk melontarkan ide idenya.
  • Synectics
Didasarkan pada asumsi bahwa proses kreatif dapat dijabarkan dan diajarkan, dimaksudkan untuk meningkatkan keluaran(output) kreatif dari individual dan kelompok. 
2. TEKHNIK PARTISIPATIF

Individual atau kelompok dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan, musyawarah menjadi sangatlah penting sebagai prosesnya. dan pengambilan keputusan berdasarkan kesepakatan bersama setiap dewan yang mengikuti proses tersebut.

 3.TEKHNIK MODERN

  • Tekhnik Delphi
Tekhnik Delphi yang di dasarkan pada sebuah proses terstruktur untuk mengumpulkan dan membawa pengetehuan dari sekelompok ahli dengan cara serangkaian kuisioner maupun yang di kontrol dengan pendapat umpan balik(Adler dan Ziglio,1996)
  • Tekhnik kelompok Nominal
Adalah salah satu tekhnik peran serta dalam pengambilan keputusan yang lebih jarang dipakai dibanding dengan tekhnik sumbang saran. Tekhnik kelompok nominal adalah proses terstruktur yang mengharuskan anggota kelompok menulis gagasan/ide secara perseorangan, kemudian melaporkannya kepada kelompok. Tekhnik ini dimaksudkan untuk mengumpulkan pandangan dan penilaian perorangan dalam suasana ketidakpastian dan ketidaksepakatan mengenai inti persoalan suatu masalah, lalu mencari penyelesaian yang terbaik.

3.APAKAH UNSUR-UNSUR DI DALAM KOMUNIKASI ? 
Komunikasi menyarankan bahwa suatu fikiran , suatu makna atau suatu pesan dianut secara sama. ada beberapa unsur unsur di dalam komunikasi :
1. Lingkungan Komunikasi
Terdiri dari 3 komponen penting, yaitu Fisik , Sosial-Psikologis, dan Temporal (waktu)
2. Enkoding-Dekoding
Berbicara dan menulis adalah Encoding
Mendengarkan dan Membaca merupakan Decoding
3. Sumber Penerima
Merupakan keharusan dari komunikasi, sumber penerima pesan adalah setiap orang yang terlibat dalam komunikasi
4. Kompetensi Komunikasi
Mengacu pada kemampuan dalam berkomunikasi, mencakup hal-hal seperti pengetahuan tentang peran lingkungan(konteks) dalam mempengaruhi kandungan (content) dalam bentuk pesan komunikasi.
5. Umpan Balik/Feed Back
Bentuk informasi yang dikirimkan balik ke sumbernya, bisa dari diri sendiri atau orang lain.
6. Gangguan
Gangguan menghalangi penerima dalam menerima pesan dan sumber kedalam mengirimkan pesan.
ada gangguan fisik, gangguan psikologis, semantik .
7. Saluran
Merupakan media yang dilalui pesan, biasanya pesan berlangsung tidak hanya melalui satu saluran.
8. Pesan
Pesan dalam komunikasi mempunyai 2 bentuk yakni verbal (berbicara,menulis) dan non verbal (berbusana,sandi).
Sekian jawaban yang penulis jawab, semoga berguna kelak kepada yang membutuhkan. dan tidak lupa untuk menuliskan refrensi yang membantu penulis menyelesaikan tulisan ini.
Special thanks prefer to :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates