Pengertian
Organisasi : Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara
formal di persatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah di
tetapkan.
Pengertian
Struktur : Struktur adalah cara sesuatu di susun atau di bangun .
Jadi Struktur Organisasi adalah
suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian secara posisi yang ada pada
sebuah organisasi dalam menjalin kegiata operasional untuk mencapai tujuan itu
sendiri. Struktur organisasi juga meliputi pembagian pekerjaan, pengelempokan,
dan pengkoordinasian secara formal.
Menurut
ERNEST DALE, sebuah struktur organisasi harus memuat tentang 5 hal, yaitu :
- Daftar pekerjaan yang harus di lakukan untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.
- Membagi jumlah beban kerja dalam tugas tugas atau biasa di sebut pembagian kerja (Division Of Work).
- Menggabungkan tugas tugas dalam keadaan yang logis dan efisien (depertementalization).
- Menetapkan mekanisme untuk koordinasi.
- Memonitor efektivitas struktur organisasi dan melakukan penyesuaian apabila di perlukan untuk pengembangan.
Untuk
saat ini pada pokok nya ada 6 bentuk organisasi yang perlu di perhatikan,
Bentuk-bentuk
Organisasi tersebut adalah :
1.
ORGANISASI
LINI (LINE ORGANIZATION)
Organisasi ini di ciptakan oleh Henry
Fayol, organisasi lini adalah organisasi yang menghubungkan langsung secara
vertical antara atasan dengan bawahannya, sejak dari pimpinan tertinggi sampai
dengan jabatan jabatan yang terendah, antara eselon dan eselon lain masing
masing di hubungkan dengan garis wewenang atau komando. Organisasi ini sering
juga di sebut organisasi militer dikarenakan sifat nya yang sering di gunakan
pada bagian militer.
2.
ORGANISASI
LINI DAN STAFF (LINE AND STAFF ORGANIZATION)
Merupakan sebuah kombinasi dari
Organisasi Lini , Azas komando yang telah ada di pertahankan tetapi demi
kelancara tugas, sang pemimpin di bantu oleh staff, dimana tugas staff ialah
memberi masukan , bantuan pikiran atau saran-saran, data informasi yang di
butuhkan.
3.
ORGANISASI
FUNGSIONAL (FUNCTIONAL ORGANITATION)
Organisasi functional ini di ciptakan
oleh Frederic W Taylor, Organisasi ini di susun berdasarkan sifat dan macam
pekerjaan yang harus di lakukan. Pembagian kerja yang harus seimbang dan setiap
anggota dari bagian organisasi ini saling terhubung sehingga semuanya harus
bekerja dengan efektif untuk kelancaran organisasi dan tercapainya tujuan yang
telah di tetapkan sebelumnya . Masalah pembagian kerja pada organisasi ini
adalah masalah yang harus di perhatikan dengan sungguh sungguh.
4.
ORGANISASI
LINI & FUNGSIONAL (LINE & FUNCTIONAL ORG)
Organisasi ini adalah kombinasi antara
organisasi lini dan organisasi functional, organisasi ini di ciptakan dengan
harapan dapat membentuk sebuah bagan organisasi yang lebih harmonis karena pada
organisasi ini wewenang tertinggi dilimpahkan kepada pemimpin perkepala unit di
bawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu dan selanjutnya pimpinan tertinggi
tadi masih melimpahkan wewenang kepada pejabat fungsional yang melaksanakan
bidang pekerjaan operasional dan hasil tugasnya di serahkan kepada kepala unit
terdahulu tanpa memandang eselon atau tingkatan. Pada organisasi ini tidak
tampak perbedaan tugas tugas pokok dan tugas tugas bantuan.
5.
ORGANISASI
LINI, FUNGSIONAL & STAFF (LINE, FUNC & STAFF ORG)
Seiring dengan perkembangan organisasi
dan semakin besar organisasi membutuhkan anggota yang semakin banyak, bentuk
bentuk lama organisasi menjadi tidak beraturan, maka di ciptakanlah kombinasi
dari organisasi lini, organisasi functional dan organisasi staff. Organisasi
ini memiliki tiga unsur karyawan pokok yaitu , karyawan dengan tugas pokok (line personal), tugas bantuan (Staff personality), dan tugas
operasional fungsional (functional group).
6.
ORGANISASI
KOMITE (COMMITE ORGANIZATION)
Organisasi ini merupakan sebuah
organisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tugas tertentu lainnya
dilaksanakan secara kolektif. Organisasi komite terdiri dari Executiva commite yaitu para anggotanya
mempunyai wewenang lini , dan Staff
comite yang orang orangnya hanya mempunyai wewenang staff. Organisasi ini
memiliki dewan yang memiliki wewenan, hak dan tanggung jawab sama dari masing
masing anggota dewan. Biasanya organisasi ini bergerak di bidang perbankan,
asuransi dan niaga.
Organizing adalah proses pengaturan
sumberdaya organisasi untuk mencapai tujuan yang di inginkan dengan
memperhatikan lingkungan yang ada. Hal ini akan sangat mempengaruhi dalam
kelancaran atau kesejahteraan organisasi tersebut, lingkungan adalah faktor
yang sangat mempengaruhi . tentu dalam tujuan sebuah organisasi yang baik tidak
akan mengorbankan lingkungan sekitar demi kepentingan organisasinya semata.
Menurut
Keith Davis ada 6 bagan bantuk
struktur organisasi yaitu :
1.
Bentuk
Vertikal
2.
Bentuk
Mendatar / Horizontal.
Bagan Mendatar ialah bentuk bagan organisasi
yang saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi
atau pejabat yang terendah di susun dari kiri kearah kanan atau sebaliknya.
3. Bentuk Lingkaran /
Circular
Ialah bentuk bagan organisasi yang saluran
wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat
yang terendah di susun dari pusat lingkaran kearah bidang lingkaran.
4.
Bentuk
Setengah Lingkaran
Bagan setengah lingkaran ialah bentuk organisasi
yang saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau
pejabat yang terendah di susun dari bidang lingkaran kea rah bawah lingkaran
atau sebaliknya.
5.
Bentuk
Elliptical (Elips)
6.
Bentuk
Piramida
Special
Thanks Prefer to :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar