Pages

Ads 468x60px

Senin, 11 April 2016

SOFTWARE OPEN SOURCE ? YES I'M IN.



Open Source adalah sebuah sistem baru dalam mendistribusikan software kepada pengguna dengan memberikan program dan source code nya secara gratis. Richard M. Stallman,pendiri Free Software Foundation -sebuah organisasi yang mendukung Open Source,mengeluarkan sebuah lisensi software untuk Open Source yang dinamakan GPL (GNU Public License). Pada awalnya organisasi yang mendukung Open Source hanya bermaksud untuk memberikan lisensi mudah yang dapat digunakan dan dapat dikembangkan semua orang. Hingga saat ini sudah banyak komunitas pendukung Open Source yang sudah melisensi software nya.


Dengan program dan source code yang diberikan, pengguna dapat mempelajari dan melakukan modifikasi untuk membuat software tersebut berguna sesuai kebutuhan mereka. Selain itu kita juga bisa menggunakan Open Source secara bebas dan mengembangkannya sesuai keinginan kita, tentunya dengan kode etik yang masih berlaku pada dunia teknologi yang telah di tetapkan sebelumnya.



Perlu diingat bahwa dengan adanya open source, kita tidak perlu lagi dengan ilegal mengambil software milik orang/perusahaan lain, perkembangan project perangkat lunak didunia ini menjadi lebih dinamis. Bagi developer/pengembang dapat mempertimbangkan untuk terlibat dalam project open source untuk meningkatkan kemampuan dan pengalaman. Sedangkan untuk pengguna dapat memulai mencoba produk open source yang populer, seperti Mozilla atau OpenOffice.



Keuntungan dan Kekurangan secara umum dalam menggunakan Open Source :

Keuntungan
1. Rendah Biaya
keuntungan utama menggunakan perangkat lunak open source, karena lebih hemat biaya. Sangat berbeda dengan perangkat lunak komersial yang menarik biaya untuk produknya karena mereka juga membutuhkan dana untuk melindungi perangkat lunaknya dari pembajakan.

2. Tingkat Keamanan Yang Tinggi
Banyak Pengembang yang berkala merawat perangkat lunak open source. Oleh karena itu mereka akan menemukan dan memperbaiki bug secara, yang secara tidak langsung juga menghilangkan celah keamanan.

3. Perangkat Lunak Lebih Stabil
Perangkat lunak open source jarang menyebabkan perangkat lunak yang lama mengalami kerusakan atau tidak dapat bekerja. Sebagai contoh, sistem operasi linux yang mendukung hampir seluruh program yang ada. Sangat berbeda dengan aplikasi versi Windows tertentu yang sering tidak dapat berjalan pada versi Windows lainnya.

4. Frekuensi Upgrade
Hampir seluruh perangkat lunak open source dimudahkan dalam proses upgrade dan gratis. seperti misalnya kita dapat dengan mudah mengupgrade versi Debian.

Kekurangan
1. Fiturnya Relatif Terbatas
Perangkat lunak open source terkadang belum memiliki fitur-fitur seperti yang tersedia pada perangkat lunak berbayar. Sebagai contoh fasilitas pada Inkscape tidak sebanyak fasilitas pada Corel Draw.

2. Rumit Mempelajari Pada Mulanya
Perangkat lunak open source, meskipun serupa seperti Windows, memerlukan waktu dan usaha yang lebih untuk mempelajarinya. Seperti contoh kita memerlukan waktu untuk mempelajari penggunaan tampilan antar muka desktop ubuntu.

3. Dukungan Yang Terbatas
Dukungan ketika menggunakan perangkat lunak open source kadang tidak banyak tersedia dibanding perangkat lunak berbayar. Jadi ketika kita mencari support pertama cobalah bergabung dengan komunitas yang ada pada website.

Dari tulisan yang telah dijabarkan diatas, semestinya sudah saat nya kita untuk sadar dan beralih ke software open source yang saat ini telah banyak tersedia dimana-mana. Dengan open source kita bisa mengembangkan kemudian membagikannya kembali pada dunia luar, secara tidak langsung kita sudah berkontribusi terhadap kemajuan tekhnologi. AYO!! Sudah saatnya kita beralih ke Open Source.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates